Seorang perlu belajar dan berlatih menyelamatkan waktu dan menggunakannya secara baik, efektif dan efisien. Manajemen waktu yang efektif dapat membantu melakukan hal penting di setiap jam kerja. Di dalamnya setiap pribadi atau pimpinan dapat menggunakan waktunya dengan baik, mendelegasikan tugas, mengorganisasi pekerjaan, merencanakan waktu perlu dibuat pertemuan (rapat), melakukan rehabilitasi efektif atas mental dan fisik setelah melakukan pekerjaan berat dan mengalami tekanan berat. Ini merupakan beberapa tugas utama, yang dapat dilaksanakan dengan baik jika manajemen waktu yang baik diterapkan.
Drucker (1966) mempopulerkannya, konsep manajemen waktu ini telah secara luas diterima sebagai hal yang menyumbang pada efektivitas karyawan (Adebisi, 2013) mendefinisikan manajemen waktu sebagai berikut:
“Manajemen
waktu adalah perencanaan hari atau waktu supaya bisa
melakukan penggunaan paling baik atas waktu yang dimiliki.
Forsyth (2009) menjelaskan arti atau definisi dari manajemen waktu
sebagai berikut:
“Manajemen waktu adalah cara bagaimana membuat
waktu menjadi terkendali sehingga terciptanya sebuah efektivitas dan efisiensi
juga produktivitas”.
Comments
Post a Comment